loading...
Selasa, 07 Maret 2017

Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jika Anda sering bekerja dengan menggunakan komputer,pasti Anda sangat menginginkan komputer Anda awet dan tidak mudah rusak.Banyak sekali kerusakan pada komputer yg ditimbulkan jika Anda tidak pintar merawat komputer.Maka dari itu saya akan membagikan bagaimana cara merawat komputer agar tetap awet dan tidak mudah rusak.Simak uraiannya di bawah inidi bawah iniberikut ini.

http://cnmbvc.blogspot.com/2017/03/cara-merawat-komputer-agar-awet-dan.html

1. Bersihkan CPU Komputer
Jika komputer Anda ingin tetap awet,bersihkanlah PC komputer dengan rutin maksimal dalam jangka 6 bulan sekali.Karena jika CPU Anda tidak dibersihkan, kotoran debu dalam CPU akan menumpuk dan akan berefek pada kerusakan pada temperatur atau suhu pada komputer Anda.Caranya dengan membuka casing PC kemudian bersihkan debu yg ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali.

2. Jangan Gunakan Internet Saat Hujan Lebat
Biasanya koneksi internet sangat berpengaruh pada cuaca.Dikhawatirkan jika Anda menggunakan internet pada komputer Anda disaat hujan,dapat mengakibatkan jaringan komputer akan tersambar petir dan ini akan berdampak pada komputer Anda nantinya.Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya.

3. Aktifkan System Restore Komputer
Mengaktifkan system restore juga sangat berpengaruh untuk komputer Anda agar tidak mudah rusak.Caranya dengan klik kanan pada icon my desktop computer,lalu klik properties Tab System Restore Cari tulisan Turn Off System Restore On All Drives,lalu hilangkan tanda centang pada sebelah kiri tulisan tersebut .

4. Matikan Komputer Sesuai Aturan
Jangan pernah mematikan komputer dengan cara yg tidak wajar seperti langsung mencabut kontak listrik pada komputer.Biasakanlah mematikan komputer dengan menggunakan shutdown.unakan stavolt untuk menghindari mati listrik tiba-tiba.Atau jika kamu terlalu lama menggunakan komputer restart lah terlebih dahulu,supaya semua system komputer kembali normal.Biasanya jika terlalu lama digunakan system komputer akan melemah.

5. Uninstal Program Yg Tidak Berguna/Tidak Dipakai
Biasanya ruang hardisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write hardisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh.System operasi windows sudah mendukung akan hal yg seperti ini.

6. Perhatikan Ventilasi dan Pendingin Komputer
Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas yg berlebihan sehingga dapat membuat komponen komputer akan cepat panas sehingga akan memperpendek usia komponen tersebut .Maka dari itu usahakan jarak antara komputer dan dinding minimal 40CM.Agar lebih baik lagi,Anda bisa measang AC di dalam ruangan dan gunakan cooling fan ekstra di dalam CPU.

7. Pasang Kabel Ground
Jika casing komputer saat disentuh terdapat aliran listrik,ambil kabel dengan panjang seperlunya.Ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah.Hal tersebut akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

Tips Tambahan Agar Komputer Awet
  • Hindarkan komputermu dari alat yang dapat memancarkan medan magnet.
  • Jauhkan dari benda-benda yg bersifat magnet.
  • Lakukan scan virus manual setiap seminggu sekali.
  • Defrag selalu hardisk Anda supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan.

Saran saya agar Anda bisa menyayangi komputer Anda sebagaimana mestinya, memang perlu kesadaran untuk merawat komputer.Karena biasanya pengguna hanya tahu menggunakannya saja,tanpa pernah memperhatikan kesehatan komputer Ikutilah beberapa tips diatas agar komputer Anda terhindar dari kerusakan.Sekian tips dari cara merawat komputer agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

0 komentar:

Posting Komentar