loading...
Jumat, 13 Juli 2018

Ciri-Ciri Batu Bacan Obi Asli

Setelah membahas mengenai Batu cincin sejenis Bacan Palamea,kita akan membahas lagi tentang jenis batu akik bacan yang 3, yaitu batu akik bacan obi. Ciri batu bacan jenis obi biasanya berwarna merah hingga kekuningan, Batu akik bacan yang terkenal sebagai batu unik ini karena konon batu bacan obi ini hidup, dalam artiannya warna akan berubah dari waktu kewaktu. Batu obi Jenis batu ini terkenal dengan sebutan batu bacan obi, ditemui didaerah pulau Obi Maluku Utara dan memiliki bentuk berbeda dengan batu bacan doko atau batu palamea yang dapat berubah warnanya sedang batu bacan obi tak bisa berubah warnanya biarpun disimpan dalam jangka waktu lama.Akan tetapi batu obi juga tergolong sejenis batu yang berasal dari Halmahera yang menjadi incaran kebanyakan para kolektor lokal ataupun dimanca negara.

Ciri-Ciri Batu Bacan Obi Asli

Jika anda ingin mengetahui lebih jauh dengan jenis batu bacan obi asli?Berikut ini gambar dari batu bacan obi asli.

Bongkahan Bacan Obi:

Batu Bacan Obi sebagian orang ada yang menyebutkan “Permata Berkualita di Pulau Obi Halmahera Utara'' dan mempunyai potensi sebagai batu cincin yang bernilai kualiatas internasional.Tetapi ada pendapat, menurut seorang kolektor yakni Bacan Obi yang saat ini ditambang oleh warga masyarakat sering dianggap hanya kulit batuan obi dan belum bisa dikatagorikan inti batu permata yang sebetulnya. Dengan makin tinggi permintaan Batu Bacan Obi di tingkat antar negara,maka secara tak langsung mengangkat harga batu obi jenis ini berkisar harga mencapai Rp.2 juta dan bahkan lebih bagi ukuran sebesar batu permata.

Bentuk lain dari batu bacan Obi yaitu selain tak mengalami perubahan warnanya, batu ini terlebih keras dan tak mudah retak dibandingkan dengan batu bacan doko dan batu bacan palamea. Jenis batu bacan Obi yang terpoluler adalah “Raja Obi” dengan ciri khas mempunyai kombinasi warnanya yang beda didalam satu bongkahan batunya. Unsur pembentukanya juga bergantung di warna dasar unsur mineral, seperti batu warna kuning dari mineral citrine,berwarna merah dari mineral limoni,makin banyak unsur mineral (nutrien) maka makin banyak warnanya yang dibentuk dari suatu bongkahan batunya, seperti misalnya : Yellow King dan White King dll.

Sekianlah Cara Membedakan Batu Bacan Doko Dan Obi dan ciri-ciri batu bacan obi asli,semoga yang kami sampaikan ini sekiranya setelah membacanya dapat menambahkan wawasan pembaca dan tentu bisa membedakan bacan doko dengan acan obi.terimakasih salam sukses untuk semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-Ciri Batu Bacan Obi Asli

0 komentar:

Posting Komentar