loading...
Jumat, 06 Juli 2018

10 Pahala Yang Tidak Pernah Terputus

Dari Abu Hurairah menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang berman­faat, dan anak saleh yang mendoakannya" (HR. Muslim).

Selain dari ketiga jenis perbuatan di atas, ada lagi beberapa macam perbuatan yang tergolong dalam amal jariah.

10 Pahala Yang Tidak Pernah Terputus

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

"Jika anak Adam meninggal, amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh yang berdoa kepadanya". (HR. Muslim)

Hadis diatas menjelaskan amal perbauatan seseorang akan terputus ketika dia meninggal dunia sehingga dia tidak lagi bisa mendapat pahala. Namun, ada tiga hal yang pahalanya terus mengalir walaupun pelakunya sudah meninggal dunia, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh.

Dalam Riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW, menambahkan tiga amal diatas, Rasulullah bersabda "Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi saleh, mewakafkan Al Quran, membangun masjid, membangun tepat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah" (HR. Ibnu Majah)

Menurut Imam As-Suyuti (911 H), bila semua hadis mengenai amal yang pahalanya terus mengalir walau pelakunya sudah meninggal dunia dikumpulkan, semuana berjumlah 10 amal, yaitu sebagai berikut :

1. Ilmu yang bermanfaat
2. doa anak saleh,
3. sedekah jariah (wakaf),
4. menanem pohon kurma atau pohon-pohon yang buahnya bisa dimanfaatkan,
5. mewakafkan al quran, buku, atau kitab,
6. brjuang dan membela tanah air,
7. membuat sumur,
8. membuat irigasi,
9. membangun tempa penginapan bagi para musafir,
10. membangun tempat ibadah dan belajar,

kesepuluh hal tersebut menjadi amal yang pahalanya terus mengalir karena orang yang masih hidup akan terus mengambil manfaat dari ke 10 hal tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Pahala Yang Tidak Pernah Terputus

0 komentar:

Posting Komentar