Organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Pidie, yang dibantu sayap juangnya Laskas Pembela Islam (LPI) dan Mujahidah Pembela Islam (MPI), sangat antusias melakukan aksi nyata berupa penggalangan dana untuk para korban musibah gempa,bencana,dan pemberantasan maksiat.

loading...
Monday, March 6, 2017

Tips Mengajarkan Anak Perempuan mulai sejak kecil

loading...

Cara mendidik anak perempuan penting diperhatikan.Dalam ajaran agama Islam cara mendidik anak perempuan mendapat perhatian khusus.Karena seperti kata pepatah islami mengatakan,jika akhlak setiap ibu sholeh maka sebuah negara akan menjadi bangsa yg berbudi baik dan mulia.Mempunyai anak perempuan terkadang seperti membawa kuning telor di atas sendok,salah sedikit saja melangkah,bisa jatuh dan hancur.Anak perempuan ialah titipan anuger orang tua tidak hati-hati dalam mendidik anak perempuan.

Seperti yg dijanjikan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam.“Barang siapa yg memelihara dua anak perempuan hingga dewasa,dia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia (seperti ini).”Beliau menggabungkan jari-jemarinya. (HR. Muslim no. 2631).

Dalam janji beliau yang lainnya mengenai anak perempuan yaitu. “Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya,lalu dia berbuat baik kepada mereka,kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka. ” (HR. al-Bukhari no.1418 dan Muslim no. 2629)

http://cnmbvc.blogspot.com/2017/03/tips-mengajarkan-anak-perempuan-mulai.html

Mengajarkan anak berpakaian muslimah
Riwayat lainnya seperti dalam cerita " Aisyah radhiyallahu anha " yg menceritakan kehidupan seorang perempuan miskin yg datang kepadanya beliau mengisahkan : “Seorang wanita miskin datang kepadaku membawa dua orang anak perempuannya.Kuberikan kepadanya tiga butir kurma.Ia lalu memberikan kepada setiap anaknya sebutir kurma.Sebutir yg lain ia angkat ke mulutnya untuk dia makan.Namun,kedua anak perempuannya meminta kurma itu.

Selanjutnya dibaginya kurma yg hendak dia makan itu buat kedua anaknya. Aku pun merasa terpesona terhadap perbuatannya,lalu kuceritakan apa yg dilakukannya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam.Beliau pun berkata, ‘Sesungguhnya Allah telah menetapkan baginya surga dengan kurma yg diberikannya itu dan membebaskannya dari neraka’. ” (HR. Muslim no. 2630)

Cara mendidik anak perempuan dengan baik sangat penting,karena perempuan mempunyai peran sangat penting dalam sebuah keluarga.Akhlak seorang perempuan akan sangat mempengaruhi kondisi kehidupan di masyarakat juga pada sebuah negara.Sebab seorang anak perempuan adalah calon seorang istri, dimana ia akan menjadi seorang ibu dan pendidik buat anak-anaknya kelak. Jika akhlaknya baik,akan melahirkan putra putri yg berakhlak baik pula. Ia akan menjadi seorang pendorong moral yg baik bagi suami dan anak-anaknya.

Anak perempuan harus bisa menjaga kehormatan dirinya serta keluarganya. Tetapi sebaliknya,jika anak perempuan tidak mendapatkan pendidikan yg baik ia malah bisa membuat anak-anaknya telantar,tidak terurus,sehingga mengakibatkan moral anaknya juga menjadi tidak terpuji.

Mengajarkan Agama kepada Mereka
Menjadi  bekal yg sangat berharga buat seorang anak perempuan dan itu adalah agama.Tidak sedikit mereka yg akan menjadi calon suami yg memilih perempuan justru dilihat dari agamanya,seperti yg sering dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam.“Wanita itu dinikahi karena empat hal : Bisa karena hartanya,karena keturunannya,karena kecantikannya,dan karena agamanya.Maka dari itu,pilihlah wanita yang baik agamanya.Jika tidak, engkau akan celaka. ” (HR. al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 3620)

Menumbuhkan kecintaan anak kepada agama harus dilakukan dalam beberapa tahapan.Ketika anak mulai memahami pembicaraan,mulailah buat mengenalkannya tentaang Ketuhanan.Ajari anak buat mengatakan bahwa pemilik bumi ini adalah “Allah. ” dengan mengatakan kata tersebut sesering mungkin agar diingatnya.Tahap berikutnya pada saat anak sudah bisa berbicara berbicara,ajari mereka buat mengucapkan kalimat-kalimat tauhid.seperti yg dikatakan (Tuhfatul Maudud, hlm. 195). “Jadikanlah yg pertama kali mengetuk pendengarannya adalah pengenalan kepada Allah subhanahu wata’ala, pengesaan-Nya, dan bahwa Allah subhanahu wata’ala di atas ‘Arsy-Nya,Allah subhanahu wata’ala melihat dan mendengar segala ucapan mereka,Dia selalu bersama mereka di mana pun berada.

Pada saat anak perempuan berusia satu setengah tahun,saat anak belajar berbicara,ajari anak mengucapkan kalimat " basmalah " sebelum makan atau minum.Hal tersebut dilakukan agar anak terbiasa sejak mulai kecil melakukan hal tersebut setiapkali hendak makan dan minum. (HR. al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022).Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam mengajarkan basmalah kepada ‘Umar bin Abi Salamah yg berada dalam asuhan beliau : “Nak,ucapkan bismillah.Makanlah dengan tangan kananmu,dan makanlah makanan yg dekat denganmu! ”

Langkah berikutnya pada saat anak sudah bisa belajar memahami,ajarkan kepada anak rukun Islam,rukun iman,dan rukun ihsan.Ajarikan dan biasakan anak berwudhu dan shalat ketika menginjak umur tujuh tahun.Berilah hukuman ringan ketika anak meninggalkan shalat pada umur sepuluh tahun.Pada usia ini bisa sebaiknya mulai pisahkan tempat tidur buat anak laki-laki dan anak perempuan.Seperti yg diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam kepada setiap orang tua dalam sabdanya : “Perintahlah anak-anak kalian buat shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun,dan pisahkanlah tempat tidur mereka. ” (HR. Ahmad dan dikatakan oleh asy-Syaikh al-Albani t dalam Shahih al-Jami’ ash-Shaghir no. 5744, “Hadits ini hasan. ”)

Pada saat anak dikira sudah bisa,beri anak latihan berpuasa setelah dewasa terbiasa.Kebiasaan tersebut dilakukan oleh para ibu dari golongan kaum shahabiyah,seperti yg diceritakan oleh ar-Rubayyi’ bintu Mu’awwidz x : “Kami menyuruh puasa anak-anak kami.Kami buatkan untuk mereka mainan dari perca. ika mereka menangis karena lapar,kami berikan mainan itu kepadanya hingga tiba waktu berbuka. ” (HR. al-Bukhari dan Muslim),(Nashihati lin Nisa’, hlm. 66-67)

Ajrkan juga kepada anak perempuan tentang akidah serta akhlak yg baik dan benar,seperti cara Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam dalam mengajari anak pamannya yaitu, ‘Abdullah bin ‘Abbas c : “Jagalah Allah,niscaya Allah akan menjagamu.Jagalah Allah,niscaya engkau akan menemukan Dia ada didepanmu.Jikalau engkau meminta,mintalah kepada Allah,dan bila engkau memohon pertolongan,mohonlah pertolongan kepada Allah.Ketahuilah, seandainya seluruh umat ini berkumpul buat memberikan manfaat kepadamu, mereka tidak akan dapat memberi selain apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagimu.Apabila mereka berkumpul buat menimpakan mudarat kepadamu, mereka tidak akan dapat menimpakannya selain apa yg telah Allah tetapkan menimpamu.Telah diangkat pena,dan telah kering lembaran-lembaran. ” HR. at-Tirmidzi,dinyatakan sahih oleh al-Imam al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi 2/2043 dan al-Misykat no. 5302)

Menumbuhkan Kesadaran Anak Bagimana Kewajiban Seorang Wanita
Pada saat anak mulai tumbuh dewasa berikan ia pengertian serta ajarkan buat menyadari bahwa anak sikap dan akhlak perempuan sangat berbeda ketimbang dengan anak laki-laki.Seperti mulai mengenalkan perbedaan pada cara berpakaian.Beri pengertian kepada anak perempuan bahwa dilarang mamakai pakaian yg biasa digunakan oleh anak laki-laki.begitu juga dalamcara ia, bersikap serta berperilaku.

Seperti yg diajrkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam melarang anak perempuan menyerupai anak laki-laki,hal tersebut dikatakan dalam hadits bahwa : “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam melaknat laki-laki yg menyerupai wanita,dan wanita yg menyerupai laki-laki.Beliau melaknat laki-laki yg berperilaku seperti wanita dan wanita yg berperilaku seperti laki-laki. ” (HR. al-Bukhari no. 5885). Difatwakan juga oleh Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin, “Tasyabbuh bahwa sikap penyerupaan laki-laki dengan perempuan adalah termasuk dosa besar,demikian pula penyerupaan perempuan dengan laki-laki.

Membiasakan Mereka dengan Adab dan Akhlak Mulia
Anak perempuan muslimah bisa tampil dan bersikap sopan santun penuh pesona jika ia mampu berpegang teguh terhadap ajaran adab serta akhlak seperti yg diajarkan oleh Agama Islam.yaitu dengan meneladani kepribadian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam,ummahatul mukminin,ataupun meneladani pribadi para shahabiyah.

Dari usia anak masihlah kecil ajarkan dengan rutin agar ia terbiasa bersikap mencontoh kepada adab-adab yg diwajibkan sebagai perempuan Islam.Ajarilah anak perempuan tentang bersikap adab serta ajarilah mereka ilmu.Seperti selalu terbiasa sejak mulai kecil bersikap adab kepada orang tua,tetangga, tamu,dan terbiasa bersikap adab saat makan atau minum,adab berpakaian, adab meminta izin.

Mengajari Berbagai Keterampilan Rumah Tangga
Sudah kewajiban orang tua buat membekali seorang anak perempuan buat pintar dalam melakukan semua pekerjaan rumah tangga.Ajarkan juga kepada anak perempuan bagaimana cara yg baik bergaul dengan suami dan cara mengurus rumah tangga.

Pendidikan akhlak,moral,budi pekerti yg baik dan berbagai ilmu serta keterampilan bagi seorang anak perempuan amatlah penting sebagai bekal kedepannya ketika ia menjadi seorang istri bagi suaminya dan menjadi seorang ibu buat anak-anaknya.Karena martabat suatu bangsa bergantung kepada nilai-nilai akhlak para perempuannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengajarkan Anak Perempuan mulai sejak kecil

0 comments:

Post a Comment