Organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Pidie, yang dibantu sayap juangnya Laskas Pembela Islam (LPI) dan Mujahidah Pembela Islam (MPI), sangat antusias melakukan aksi nyata berupa penggalangan dana untuk para korban musibah gempa,bencana,dan pemberantasan maksiat.

loading...
Sunday, February 19, 2017

Pesan Imam Syafi'i Yang Perlu Umat Islam ketahui

loading...

Imam syafi'i Nama beliau sebenarnya Muhamad bin Idris bin Abbas bin Usthman bin Sya’fi'i bin Saib bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Abdul Mutalib bin Abdul Manaf.

Ayah imam syafi'i berasal dari keturunan kaum Quraisy dari Bani Mutalib.Ayah beliau wafat ketika Iman Syafie masih kecil.Ibu beliau Ummu Habibah al-Uzdiyyah berasal dari kabilah Yaman suku Uzd.

Beliau lahir diGaza Palestina pada bulan Ra'jab tahun 150 hijrah.Ada yang menceritakan pada waktu malam beliau lahir Imam Abu Hanifah (Imam Hanafi)Wafat.Khalifah Islam pada masa itu yakni khalifah Abu Ja'far al-Mansur dari Bani Abbasyiah.

Imam Syafie dibesarkan dalam keadaan serba kekurangan.Semenjak kecil lagi beliau telah mempelajari Al-Quran.Beliau mulai menghafal al-quran sejak usia 9 tahun.usia 10 tahun beliau telah menghafal dan mengeahui kitab al-Muwatta' yang dikarang Imam Malik.

Beliau mempunyai suara yang merdu,bisa syair dan bersajak.Ketika usia mencapai 15 tahun,beliau mengajar dan memberikan fatwa pada orang ramai diMesjidil-Haram.Karena kegigihan dan kepandaian beliau yang sangat luar biasa,beliau disanjung oleh masyarakat.Beliau meninggal diMesir ditahun 204 hijrah ketika berusia 54 tahun.

Imam Syafie melarang kita taklid,baik taklid pada dirinya atau pada siapa pun.Semasa beliau hidup senantiasa menasehati orang ramai terutama anak muridnya mengenai taklid.

“Janganlah mereka-reka didalam perkara-perkara agama memakai taklid saja kepada perkataannya atau tindakan yang tak disertai dengan keterangannya dari Al-quran dan hadis.“

Pesan Imam Syafi'i,”Setiap perkara yang aku katakan padahal Rasulullah bertentangan kpada perkataanku, Rasulullah itu yang lebih utama yang harus ditaati.“

http://daffaran.blogspot.com/2017/02/pesan-imam-syafii-yang-perlu-diketahui.html


29 Pesan Imam Syafi'i :

1.Tuntutlah ilmu sebanyak mungkin karena ilmu dapat menjaga dan membuatmu cemerlang didunia dan diakhirat.

2.Perbanyakkan menyebut nama Allah daripada menyebut makhluk.Dan Perbanyakkan sebut akhirat dari menyebut dunia ini.

3.Pilih makanan yang halal dikarenakan ia menjamin kesehatanmu dan menyebabkan setan menghindarimu.

4.Sabar menghadapi musibah merupakan sebesar-besar artinya sabar dimana sabar itu membutuhkan kesabaran juga.Bala dan musibah menunjukkan adanya perhatian dan kasih sayangNya Allah.Oleh karena itu,bersyukurlah karena syukur yang demikian itu setinggi-tinggi arti bersyukur.

5.Apabila salah seorang antara kaum famili dan kerabatmu sakit,dirimu harus meringankan langkah menjenguknya karena ia dilihat oleh malaikat dan dan dicintai oleh Allah.

6.Marah merupakan salah satu antara panah-panah setan yang mengandung racun.Oleh karena itu,hindari ia agar bisa memanahkan setan dan bala tentera ia.

7.Sayangilah anak yatim karena Rasulullah juga termasuk anak yatim dan baginda akan bersama orang yang menyayangi dan mengasihani anak-anak yatim diakhirat.

8.Berbuat baiklah dan tunjukkan bakti kpada ibu/ayah tampa mengenal lelah sepertimana mereka berbuat begitu juga sepanjang hidup mereka.Ia bisa menambahkan keberkatan umur,menambahkan rizki dan keampunan atas dosa-dosamu.

9.Banyakkan amalan shaleh karena merupakan dinding dan perisainya orang mukmin dan pelindungan kpada serangannya iblis.

10.Taqwa merupakan pakaian kebesaran dan perhiasan akhlak Muslim sebenarnya.Ia umpama pokok pohon zaitun,minyaknya membawakan berkah,ia juga memberikan kejayaan dan kemenangannya.

11.Iman memiliki benteng untuk menghalangi semua serangan yang mencoba merobohkan.Oleh karena itu untuk menguatkan bentengnya iman,keimanan harus dibina dengan 5 hal,yakin,ikhlas,mengerjakan amal sunnah, istiqamah,disiplin dalam mengerjakan amal ibadah.

12.Ingatlah dan dzikir kpada Allah sebanyak-banyaknya ia mengobati penyakit jasmani dan hati kita.Ia mencetuskan ketenangan hidup dan qana'ah.

13.Khusyu' secara lahir khusyuknya orang yg awam,khusyu' secara bathin khusyu'nya orang pilihan disisi Allah.

14.Kubur merupakan perhentian sementara untuk membolehkan kesatu perberhentian lain lagi yang penuh dengan soalan siasat.Oleh karena itu,persiapkan jawaban yang adil dan benar meneruskan amal yang lurus dan taat kpada al-haq yang tak berbelah bagi.

15.Kita harus senantiasa meminta perlindungan pada Allah,sekurang-kurang dengan mengucapkan “A’uzubillahi minassyaitathanirrajiim“.Kita perlu sabar sekira serangan setan hadir juga terus menerus dengan hebat dan menyadari Allah taala hendak menguji keteguhan sabar,hendak menyaksikan ketulenan jihad kita.Ketahuilah perang dengan setan itu terlebih dasyat dari perang sabil.

16.Sebesar-besar keaiban (keburukan) ialah dirimu menyangka keburukan orang lain sedang keburukan itu ada dalam dirimu sendiri.

17.Hati ialah raja dalam diri.Oleh karena itu,luruskan dan betulkan ia agar empayar kerajaan kamu tegak diatas al-haq yang tak disertai oleh iringan-iringan pasukan kebatilan.

18.Ketahuilah istighfar yg diucapkan dengan benar sanggup membuat setan lari ketakutan dan menggoncangkan kerajaannya iblis diistana kerajaannya.

19.Ketahuilah sebesar-besarnya kesenangan diduna dan akhirat ialah memberikan maaf kpada orang lain dan melupakan kesalahan ia.Allah pasti akan meninggikan darajatnya disisi manusia.

20.Tafakurlah sebelum tidur untuk menghisab diri atas salah dan khilap semasa aktivitas disiang hari sepertimana Umar bin Khattab menyiasati dirinya dengan berbagai persoalan mengenai dosa-dosa disiang harinya.

21.Siapa yang mau meninggalkan dunia dengan selamat,ia harus mengamalkan hal berikut yakni mengurangi tidur,mengurangi makan,mengurangi berkata dengan rezeki yg ada.

22.Dirimu seorang manusia yang dijadikan dari tanah dan dirimu juga akan disakiti(dihimpit)kan dengan tanah.

23.Siapa yang menjalin ukhuwah dan menghidupkan ia,ia mendapatkan banyak kebaikannya.

24.Allah menjanjikan kpada orang beriman,mereka akan ditinggikan derajatnya dan diberikan kemulyaan sewaktu mereka mengerjakan perintah Allah.

25.Allah menjanjikan kpada orang beriman,mereka pasti memperoleh bantuan Allah seperti dalam surah ar-Rum ayat 47 yang berarti; dan merupakan menjadi haq(tanggung jawab) kami bagi membantu orang yang beriman.

26.Allah menjanjikan kpada orang beriman,mereka pasti memperoleh pembelaan kpada Allah sepertimana dalam surah al-Hajj ayat 38 yang berarti, Allah membela orang beriman.

27.Allah menjanjikan kpada orang beriman dan bertaqwa,Allah pasti menaikkan derjat mereka sehingga ketaraf wali-wali Allah apabila memenuhi syarat-syarat seperti dalam surah al-Baqarah ayat 257 yang berarti,Allah penolong (wali)untuk orang beriman.

28.Allah menjanjikan kpada orang beriman akan memberikan petunjuk dan jalan lurus sepertimana Allah menyatakan dalam surat al-Hajj ayat 54 yang berarti ” Allah akan memberikan petunjuk untuk orang beriman kpada jalan lurus.”

29.Allah menjanjikan kpada orang beriman,mereka akan mendapat rizki yang baik dan berbagai keberkahan sewaktu mereka mengerjakan perintah Allah sepertimana diterangkan dalam surat al-A’raf ayat 96 yang berarti,sekiranya penduduk kota beriman dan bertaqwa tentu kami akan melipatgandakan mereka keberkatan dari langit dan bumi tetapi sekiranya mereka mendustai ayat-ayat kami,kami akan mengazab mereka dikarenakan perbuatan mereka.

Demikian itulah kata-kata imam syafi'i semoga dapat diamalkan semuanya,terimakasih sudah Membaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pesan Imam Syafi'i Yang Perlu Umat Islam ketahui

0 comments:

Post a Comment