loading...
Kamis, 09 Februari 2017

5 Urutan Manusia Dalam Shalat

Shalat merupakan tiang agama,dan kewajiban kaum muslimin dan muslimah didunia ini,dan shalat adalah Perintah Allah Subhanahu wata'ala,Allah berfirman di dalam al qur'anul karim
Suraht Al-Baqarah ayat beserta artinya : 43, bunyinya : " وأقيموا الصلاة " (dan dirikanlah sholat).
Surath An-Nisaa' ayat : 103,berbunyi : " إن الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا " (Sesungguhnya shalat itu ialah kewajiban yg sudah ditentukan waktunya bagi orang-orang yg beriman).

http://cnmbvc.blogspot.com/2017/02/5-urutan-manusia-dalam-shalat.html

Ada 5 urutan manusia di dalam shalatnya Ibnu Qayyim Al-Jaudziyah mengatakannya yaitu :

1. Urutan Tingkatan pertama orang yg zdalim kepada dirinya dan lalai.yaitu, orang yg kurang memperhatikan wudhuknya sah atau tidak,dan pada waktu shalat-nya,syarat-syarat serta batas-batasanya dan rukunnya.

2. Urutan yg kedua Orang yg bisa menjaga waktu shalatnya,serta batasanya, rukunnya yg sifatnya dhahir,wudhuknya.tapi tiada mau berupaya utk menjauhkan godaan jahat dari dalam hatinya.dan ia pun terombang bersama alam pikiran jahatnya.

3. Urutan yg ketiga Orangnya bisa menjaga batasan syarat dan rukunnya.Dia mau berupaya kuat utk mengusir godaan jahat dan pikiran lain dari dalam hatinya,hingga dia terus-menerus sibuk berjuang melawan musuhnya agar jangan sampai berhasil membatalkan shalatnya.dan Maka,ia tengah berada di dalam shalatnya,dan sekaligus ia jihadnya (bersungguh-sungguh).

4. Urutan keempat adalah Orang yg menunaikan shalatnya dengan sempurna sebagian syaratnya,serta rukun-rukunnya,dan batas-batasnya.Di dalam Hatinya khusyu' dalam usahs utk memelihara batas-batas dan syarat-syarat nya, supaya ia tiada menyia-nyiakan waktu sedikitpun dihatinya.dan Bahwa semua perhatian larut dalam mengerjakan nya seperti mana umumnya,dan dengan cara yg sesempurna mungkin. maka,dalam hati ia khusyu' oleh shalatnya dan menyembah kepada Tuhan Allah di dalam shalatnya.

5. Urutan yg kelima Orang yg mengerjakan shalat dengan sungguh-sungguh sempurnanya.ia menaruh hati dan meletakkannya di hadapan Allah Ta'ala,ia melihat dan memperhatikan-Nya di dalam hatinya yg penuh dengan rasakan cinta dan Taat kepada-Nya.Ia seakan-akan melihat-Nya dan memperhatikanNya secara langsung.godaan dan pikiran jahat itu sudah tiada lagi.Hijab ia dengan Tuhan-nya sudah terangkat.kemudian Jaraknya orang shalat seperti ini dengan shalat orang yg lain lebih tinggi dan lebih besar dari jarak antara langit dan bumi ini.Di dalam shalat-nya,Ia Slalu khusyu' dengan Tuhan-Nya.Ia merasakan tenteram damai dalam shalatnya.

Golongan yg pertama akan di azab.Golongan yg kedua akan diperhitungkan amal perbuatan-nya.Golongan ketiga akan dihapus dosa-dosanya.Golongan keempat akan diberikan balasan perbuatan pahalanya.Kemudian Golongan yg kelima akan mendapatkan surga di tempat yg terdekat dengan Tuhannya, bahwasanya Ia menjadikan bagian dari kedamaiann dan ketenteraman dalam hati waktu ada di dalam shalatnya.

Barangsiapa yg tentram dalamm hati ia dengan sholat di dunianya,maka hati ia akan tentram dengan kedekatan pada TuhanNya di akhirat dan akan tentram juga hati ia di dunia ini.Barangsiapa yg dalam hatinya merasakan tentram dengan Allah ta’ala,dan maka semua orang juga akan merasakan tentram dengan-nya.

Dan barangsiapa yg hati ia tiada bisa merasakan tentram dengan Allah ta’ala, maka jiwa ia seakan-akan terpotong-potong karena penyesalannya terhadap dunia ini.

(Al-Wabil At-Thaiyib, Karyanya : Ibnu Qaiyim Al-Jauzdiyah,hal 25-29) Demikianlah 5 Urutan Manusia Dalam Shalat urutan manusia dalam melakukan shalatnya dan semuanya akan diperhitungkan Amal di Akhirat kelak.semoga shalat kita tidak sia-sia didunia ini dan di terima Allah Subhanahu Wata'ala. Aamiin,terima kasih atas kunjungan sodara semua ke halaaman blog saya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Urutan Manusia Dalam Shalat

0 komentar:

Posting Komentar