loading...
Kamis, 03 Desember 2015

Asal-usul Patung Liberty

Ternyata Patung Liberty berasal dari Prancis
Patung Liberty, kebanggaan dan simbol Kota New York, ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, yg ternyata di rancang oleh pemahat Prancis, Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1874. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang
tahun kemerdekaan Amerika yg ke-100.

http://cnmbvc.blogspot.com/2015/12/asal-usul-patung-liberty.html


Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirimdi kirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yg ke-100.


Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, orang yg juga merancang dan membangun Menara Eiffel.
Patung Liberty menjadi ikon kota NYC. Sebenarnya, patung ini berada di wilayah New Jersey, tapi NYC lah yang menjadi pemiliknya. Patung Liberty terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yg kembali.
Baca juga:
  1. Nasehat seekor semut kepada nabi Sulaiman AS
  2. Pengalaman seorang ulama ketika berda'wah
  3. Pantangan yang harus dijauhi agar tubuh selalu fit 
  4. Sifat suami yang bisa membahagiakan isteri 
  5. Resep Membuat Kue Dadar Gulung 
  6. Pasir menelan hutan menjadi gurun

Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty merupakan salah satu ikon US yg paling terkenal di seluruh dunia, dan merepresentasikan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Nama Liberty berasal dari nama dewi Romawi kuno, Libertas, yg melambangkan kebebasan dan kemerdekaan. Liberty membawa sebuah tablet yg bertuliskan July 4, 1776 dalam huruf Romawi yang merupakan hari kemerdekaan USA.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Asal-usul Patung Liberty

0 komentar:

Posting Komentar